
Ilustrasi teh peppermint. (Foto: dok Magnific)
JAKARTA - Usai makan malam, perut kadang jadi terasa begah, kembung, alias tak nyaman. Alih-alih langsung rebahan di sofa sembari minum kopi manis, ada pilihan nan jauh lebih simpel dan menenangkan buat perutmu: teh peppermint (daun mint).
Melansir Prevention, para mahir gizi mengungkapkan, teh herbal sederhana ini sudah sejak lama diandalkan untuk merawat pencernaan, dan tentunya ada penjelasan ilmiah tentang argumen teh herbal dipercaya mengatasi masalah perut.
Kenapa Teh Peppermint Ampuh Atasi Perut Begah?
Tanaman peppermint punya sifat karminatif, artinya bahan alami ini sangat efektif untuk mengurangi gas di perut dan meredakan kembung. Teh ini mengandung senyawa alami seperti menthol, menthone, dan limonene nan berfaedah melemaskan otot-otot di saluran pencernaan. Hasilnya? Kram perut, tegang otot pencernaan, dan rasa tak nyaman jadi lebih sigap reda.
Selain aspek kandungan kimianya, minum teh hangat ini juga bagus untuk menenangkan malam harimu. Kehangatan, aromanya nan khas, serta kebiasaan menikmati teh secara perlahan bisa bikin tubuh masuk ke mode rest and digest (istirahat dan mencerna). Ini adalah kerja sistem saraf parasimpatis nan bikin proses pencernaan jadi jauh lebih lancar.
Kelebihan lainnya, teh peppermint itu mudah dicari, harganya ramah di kantong, bebas kafein, dan pastinya jadi kebiasaan mini nan efeknya terasa banget setelah Anda makan besar.
2 jam yang lalu
English (US) ·
Indonesian (ID) ·